Wasir – MengertiGejala dan Penyebabnya

Tidak seorang pun senang membicarakan tentang wasir atau ambeien – dan bahkan sedikit dalam mencaribantuan untuk mengobati kondisi yang menyakitkan ini. Memang, dari informasi wasir yang jarang pada majalah dan koran, seseorang mungkin berpikir bahwa wasir itu jarang. Sebenarnya, wasir bisa jadi satu dari penyakit lazim paling banyak di Amerika Serikat.

Jika andadiam-diam menderita wasir, anda tidak sendiri. Diperkirakan 100 juta penduduk Amerika punya penderitaan yang sama dengan anda. Faktanya, lebih dari setengah populasi dunia mempunyai wasir pada umur 50 tahun!

Apa gejala Wasir?

Setiap orang mempunyai pembuluh darah/urat wasir di area dubur, baik di dalam dan di luar anus.Pada wasir, pembuluh darah ini iritasi atau bengkak, menyebabkan gejala-gejala wasir seperti sakit, gatal, berdarah, sensasi panas dan tidak nyaman secara umum.

Ada dua tipe wasir:

1. Wasir di luar
Pada wasir luar (atau wasir yang berada di luar anus), pembuluh darah yang bengkak membentuk gumpalan lunak di sekitar dubur yang terbuka. Jika darah beku berkembang, gumpalan ini akan menjadi keras atau wasir trombosed yg sakit. Wasir luar biasanya sangat sakit, karena jaringan kulit di sekitar anus tertutup rapat dengan ujung saraf.

2. Wasir di dalam

Wasir dalam, sebaliknya, biasanya tidak sakit karena kurangnya ujung saraf di dalam saluran dubur.Memang, banyak orang tidak sadar dengan wasir dalam sampai terjadi iritasi dan berdarah karena pergerakan usus. Di sini, gesekan kotoran keras yang beradu dengan wasir dalam menyebabkan itu pecah, menghasilkan darah pada kotoran, kertas/tissue toilet, atau bahkan percikan darah merah segar pada kloset.

Wasir dalam bisa “tergelincir” atau menjadi terdorong keluar dubur yang terbuka. Pada contoh yang jarang, otot sphincter bias mengejang dan menjebak wasir yang tergelincir keluar dari anus. Ini memotong sirkulasi darah ke wasir yang terjepit.Wasir yang tergelincir dan terjepit merupakan kondisi serius yang membutuhkan perhatian medis dengan segera.

Begitu juga, berapa banyak pun pendarahan dari anus harus di periksakan ke dokter karena bisa jadi disebabkan oleh kanker atau kondisi medis serius lainnya.


Apa penyebab wasir?

Wasir paling sering disebabkan oleh diet dan mengedan di kloset kamar mandi. Sebenarnya, dua factor ini berhubungan: makan makanan yang tidak sehat memicu konstipasi, yang menyebabkan mengedan pada saat buang air besar.

Telah dianjurkan bahwa diet ala Barat, yang kaya proses pada makanan dan kurang serat, juga memberikan konstribusi pada wasir. Memang, wasir sangat jarang ada di negara-negara kurang maju di Africa di mana diet kaya akan serat dan bahan kasar. Sebagaimana populasi di negara-negara ini mengubah diet mereka untuk memasukkan lebih banyak makanan yang diproses, mengakibatkan wasir meningkat.

Gaya kamar mandi modern, sayangnya, mendorong pengedanan.Beberapa orang juga membaca ketika duduk di toilet, menambah tekanan yang berlebih ke pembuluh darah dubur.

Faktor lain yang memberi konstribusi pada wasir termasuk usia, keturunan, penyakit diare, penggunaan obat pencuci perut.Untuk wanita, kehamilan sering menjadi sebuah faktor karena janin yang menekan pembuluh darah wasir.

Untungnya, pada beberapa contoh, wasir sembuh sendiri. Ini berarti kecuali anda melakukan sesuatu yang menyebabkan munculnya rasa panas ( seperti melanjutkan mengejan ketika buang air besar atau mempunyai konstipasi kronis atau diare) kebanyakan wasir larut sendiri tanpa adanya campur tangan.

Bagaimanapun, dinding-dinding yang lemah dari pembuluh darah yang bengkak pada wasir akan menyebabkannya untuk cenderung tiba-tiba panas di masa yang akan datang. Inilah kenapa orang-orang mengatakan sekali anda dapat wasir, anda akan selalu mempunyai wasir.


Pencegahan Wasir?

Jika anda cukup beruntung tidak mempunyai wasir, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya.Bahkan jika anda sudah terlanjur mempunyai wasir, sangat memungkinkan untuk mencegahnya muncul kembali. Dengan cara seperti di bawah ini:

1. Ubah diet anda dengan memasukkan lebih makanan yang berserat dan minum lebih banyak air putih
Makanan yang dihaluskan atau diproses secara tipikal berisi lebih sedikit serat dan lebih banyak lemak hewani.Makanan jenis ini tidak mempunyai bahan kasar yang cukup untuk usus untuk membuang kotoran dengan mudah, dengan demikian tidak perlu untuk mengedan paksa di atas kloset.Sebagai gantinya, makanlah lebih banyak buah, sayur-sayuran, dan gandum/biji-bijian.

Hindari makanan yang mungkin menyebabkan gangguan pencernaan, gas dan perut kembung, atau diare.

Meminum lebih banyak air putih juga membuat kotoran lebih lunak.Sebagai tambahan untuk mengurangi pengejanan, membuang kotoran yang lunak juga tidak menyebabkan iritasi pada wasir yang ada.

2. Ubah kebiasaan mengedan anda
Jangan menunggu sampai “panggilan alam” datang, karena itu akan membuat kotoran kering dan keras, yang membuat lebih sulit untuk dibuang.

Juga, hindari mengejan, duduk dan membaca di toilet.Rata-rata, butuh 2 sampai 5 menit untuk membuang kotoran.Basuh anus dengan bersih setelah selesai dan keluarlah dari kamar mandi. .

3. Olahraga dan jangan duduk terlalu lama
Menjaga gaya hidup aktif bisa membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan menjaga anda dari konstipasi.

Duduk atau berdiri dalam waktu yang lama bisa menambah tekanan pada pembuluh darah wasir.Berhentilah beberapa saat secara berkala dari meja kerja anda dan bergeraklah ke sekitar untuk mencegah wasir.

Lihat juga :